TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Kehadiran Perseroan di tengah masyarakat diharapkan dapat selalu membawa dampak positif, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Perseroan tidak hanya fokus untuk mengembangkan bisnis korporasinya, namun juga mengambil peran aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial.

Dasar Pemikiran
Perseroan selalu berupaya untuk memberikan nilai lebih dalam setiap aspek operasionalnya dengan memelihara keseimbangan antara kepentingan bisnis dan masyarakat umum. Program tanggung jawab sosial ini diharapkan dapat menjadi satu jalur pengikat yang semakin mempererat hubungan Perseroan dengan seluruh masyarakat. Oleh karena itu, pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dalam lingkup kegiatan dari PT Jakarta International Hotels & Development Tbk dan entitas anak diharapkan selalu dapat berjalan, bukan hanya sesaat namun dalam rentang jangka waktu yang panjang dan berkelanjutan, agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat. Komitmen ini adalah merupakan komitmen bersama antara Perseroan dengan seluruh unit bisnis entitas anak.

PROGRAM – PROGRAM

Program Sosial Kemasyarakatan
Program Sosial Kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Perseroan dan seluruh unit bisnis entitas anak terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Bantuan Bahan Pokok
Pada tahun 2014, Perseroan dengan seluruh unit bisnis entitas anak melakukan penjualan bahan pokok (beras, minyak goreng, susu dan gula pasir serta mie instan) dengan harga murah (50% subsidi dari Perseroan)bersama Artha Graha Peduli yang didistribusikan di sekitar daerah Jakarta dan sekitarnya. Program ini dilakukan secara berkala terutama menjelang hari raya, seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru dan Tahun Baru Imlek.

kick-off-sembako-AGP-3

Beras Jumat
Perseroan dan seluruh unit bisnis entitas anak juga telah mengadakan program bagi-bagi beras murah (50% subsidi) saat Sholat Jumat. Program ini juga dilakukan berkala dan diadakan menjelang kuartal terakhir di tahun 2014. Program beras murah ini bertujuan untuk mendistribusikan beras kepada warga yang tidak mampu.

Bantuan Kesehatan
Bantuan kesehatan yang diberikan oleh Perseroan dan unit bisnis entitas anak terbagi dalam beberapa program:

  1. Pemeriksaan Kesehatan Mata, pemberian kaca mata dan operasi katarak gratis dengan bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI);
  2. Donor Darah
    Sebagai kontribusi di bidang kesehatan masyarakat, dengan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Perseroan beserta unit bisnis entitas anak melaksanakan program ini secara berkala dan mengajak semua rekan karyawan untuk berpartisipasi;
  3. Penyediaan Mobil Ambulans
    Dalam rangka partisipasi jasa kesehatan dan tanggap darurat, Perseroan dan beberapa unit bisnis entitas anak juga memberikan bantuan untuk menyediakan mobil ambulans beserta kelengkapannya.

Sumbangan Hari Besar Keagamaan
Dalam rangka perayaan Idul Qurban 2014, Perseroan dan 2 (dua) entitas anaknya telah ikut berpartisipasi dengan memberikan hewan kurban dan dibagikan di area di sekitar wilayah Perseroan dan unit bisnis entitas anak.

Bantuan Pendidikan

Perseroan juga memberikan program beasiswa sebagai wujud rasa peduli dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Selain itu Perseroan melalui unit bisnis entitas anak juga memberikan bantuan berupa penyediaan perlengkapan kebersihan untuk digunakan di wilayah sekolah.

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2014, salah satu unit bisnis entitas anak bersama dengan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) mengadakan workshop bagi guru-guru Pendidikan Anak Usaha Dini (PAUD) dengan materi “Hygiene &Kesehatan Anak” dan “Kecerdasan Majemuk” serta “Mengoptimalkan Pola Asuh Keluarga untuk Menciptakan Anak Hebat Indonesia”. Workshop bertujuan menambah wawasan guru-guru atau pembimbing PAUD, juga mendukung pemantapan pelaksanaan kabupaten/kota layak anak (KLA) menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA).

Memberikan santunan anak yatim dan kunjungan ke panti jompo juga merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Perseroan dan unit bisnis entitas anak. Perseroan juga berpartisipasi dalam kegiatan Peduli Anak yang diadakan oleh Metro TV dengan judul “Voice of Children in Crisis and Conflict”, dimana kegiatan ini diadakan untuk membantu anak-anak terlantar yang kurang pendidikan, kelaparan dan yatim piatu.

Bantuan untuk Korban Bencana Alam
Setiap tahunnya, Perseroan dan unit bisnis entitas anak selalu berpartisipasi untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia seperti banjir bandang di Manado, Situbundo, Semarang, Kebumen dan area Jakarta, korban kebakaran di Sindanglaya dan Korban Longsor di Desa Ciloto, Cipanas.

Program Pelestarian Lingkungan Hidup

save-mangrove-baliKomitmen Perseroan terhadap kelestarian lingkungan diwujudkan dengan penerapan standar tinggi dalam proses bisnis yang telah dijalankan dengan memperhatikan aspek-aspek pemeliharaan terhadap lingkungan sekitar meliputi udara, air, tanah, dan sumber alam lainnya. Setiap memasuki atau membangun bisnis baru, Perseroan dan entitas anak tidak hanya memperhitungkan segi profitabilitasnya tetapi selalu mengkaji dampak usaha terhadap lingkungan atau ekosistem yang ada. Apabila terdapat dampak negative terhadap lingkungan maka rencana tersebut akan ditinjau kembali atau dibatalkan. Pelestarian lingkungan hidup dilakukan oleh Perseroan mulai dari kegiatan bisnis sehari-hari dengan selalu menjaga efisiensi sumber daya seperti kertas, listrik, dan air yang digunakan dalam proses operasional Perusahaan. Sebagai partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan, Perseroan melalui entitas anak menyumbangkan motor pengangkut sampah dan tempat sampah untuk beberapa wilayah di Bali. Selain itu Perseroan juga melakukan program bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove dengan mengajak karyawan untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan pantai.

Tanggung Jawab terhadap Pelanggan
Kepuasan pelanggan selalu menjadi aspek utama yang dijaga oleh Perseroan mengingat bisnis utama yang dijalankan bergerak dalam bidang jasa. Oleh karena itu, sudah merupakan kewajiban bagi Perseroan untuk memperhatikan aspek pelayanan terhadap pelanggan. Perseroan senantiasa membuka jalur informasi dan komunikasi melalui situs Perseroan yang dapat dihubungi oleh konsumen setiap saat untuk segala permasalahan, pengaduan ataupun kritik dan saran.